3 Guru SMK Yayasan Pharmasi memenangkan Gelar Karya Virtual Lomba Inovasi Sekolah di masa Pandemi Tahun 2021

SELAMAT ATAS PRESTASI BAPAK IBU GURU SMK YAYASAN PHARMASI!

Gelar karya vitual lomba inovasi sekolah di masa Pandemi Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (BPTIK DIKBUD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Tanggal 11 Maret s.d 2 Mei 2021 secara virtual.

SMK Yayasan Pharmasi ikut berpartisipasi dalam gelar karya tersebut dengan mengirimkan 3 karya berupa video inovasi pembelajaran di masa pandemi dengan rincian sebagai berikut.

 

 

  1. Fanny Firman Syah, M.Pd, Judul : Inovasi Pembelajaran Proyek Pembuatan Sabun Transparan

Video berdurasi 10 menit berisi tentang rangkaian pembelajaran proyek pembuatan sabun transparan. Video diawali dengan pemberian apersepsi berkaitan pentingnya penggunaan sabun berkaitan dengan salah satu protocol pencegahan covid-19. Pada inti video terbagi dalam 2 tahapan, yaitu pembelajaran yang dilakukan secara blended learning dan kemudian tahap pembuatan produk yang dilakukan secara luring. Video ini sangat bermanfaat karena menyuguhkan rangkaian pembelajaran yang utuh dan bisa memberikan gambaran yang jelas berkaitan dengan prosedur pembuatan sabun transparan yang ada di dalam pelajaran produktif kimia industri proses industry kimia.

 

  1. Helda Dwijanayanti, S.Pd., Judul: Pembuatan Desinfektan memanfaatkan limbah organic dengan pemanfaatan teknologi ecoenzyme

Vidio berdurasi 8 menit berkaitan dengan Pelajaran Dasar dasar Mikrobiologi dengan materi pemanfaatan mikroba dalam pembuatan desinfeftan. Pada inti video terbagi dalam 2 tahapan, yaitu pembelajaran yang dilakukan secara blended learning dan kemudian tahap pembuatan produk yang dilakukan secara luring.Pelaksanan praktikum dengan mematuhi protocol Kesehatan. Praktikum ini bertujuan agar siswa memanfaatkan limbah organic yang ada dirumah untuk membuat desinfektan dengan menggunakan tekhnologi ecoenzyme.

 

  1. Ika Purwanti, S.Si., Judul: Membuat Larutan Hand Sanitizer

Video  berdurasi 10 menit berisi siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan melakukan kegiatan praktikum membuat larutan Hand Sanitizer di laboratorium kimia. Pelaksanaan praktikum dengan mematuhi protokol kesehatan ketat. Praktikum ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill siswa berbasis produk. Materi pelajaran ini terdapat pada mata pelajaran Proses Industri Kimia tingkat kelas XI pada kompetensi dasar Menerapkan proses pembuatan Gula, Alkohol serta turunannnya, dan MSG.

 

Berhasil memenuhi syarat kategori Learning Object (LO) sebagai salah satu media yang akan ditayangkan di kanal http://pintar.jatengprov.go.id/ sebagai kontributor.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eight =