BELAJAR BAHASA INGGRIS MENYENANGKAN

oleh : Eko Susanto, S. Pd.

 

 

Bahasa merupakan alat komunikasi dalam kehidupan kita. Kita berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa baik lisan maupun tulisan. Untuk mempermudah komunikasi, sebisa mungkin kita berusaha belajar bahasa dengan baik dan benar. Agar pergaulan kita lebih luas maka kita juga harus belajar bahasa yang digunakan banyak orang di seluruh dunia. Dan Bahasa itu adalah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan hampir di seluruh belahan dunia.

Di Indonesia, Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua (second language) yang mana dipelajari di sekolah-sekolah dari SD sampai Perguruan Tinggi. Hal ini menandakan bahwa betapa pentingnya Bahasa Inggris dalam kehidupan kita setelah Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa utama kita. Dan ada juga bahasa daerah yang merupakan kekayaan budaya kita yang harus dilestarikan juga.

Kita akan sangat terbantu dalam menjalin hubungan dengan orang luar negeri dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hubungan itu bisa dalam berbagai hal seperti pekerjaan, bisnis, pendidikan, sosial, bahkan peperangan. Dengan demikian, kita akan sangat beruntung apabila bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Minimal kita bisa menggunakan Bahasa Inggris untuk keperluan kita sehari-hari, misalkan ketika kita membaca berita, iklan, resep, bermain games, membalas surat teman dari luar negeri, mengajari saudara dan lain sebagainya. Salah satunya pasti kita hadapi dalam kehidupan kita. Jadi mari kita belajar Bahasa Inggris untuk memudahkan kehidupan kita maupun orang lain.

Belajar Bahasa Inggris sebenarnya tidaklah susah, semua tergantung dari kemauan dan bagaimana cara kita belajar. Semakin sering kita menggunakannya maka semakin meningkat kemampuan kita. Seperti kata bijak “Practice makes perfect” (Berlatih membuat menjadi sempurna), kita bisa melakukan itu dengan sering mendengarkan dan menirukan native speaker (penutur asli), serta tahu artinya. Belajar Bahasa hanyalah masalah kebiasaan (learning language is just a matter of habit). Hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh para ahli yaitu Lightbown, P. and Spada, N. (1993) dalam bukunya berjudul ‘How Languages Are Learned’ menyatakan bahwa belajar bahasa merupakan proses imitasi/menirukan (imitation) dan pembentukan kebiasaan (habit formation). Hal tersebut didasari pada kenyataan bahwa seorang anak kecil mulai belajar bahasa dengan melakukan imitasi dari apa yang dia dengar.

Dalam belajar Bahasa Inggris tentunya kita berusaha mencari cara yang mudah dan menyenangkan bagi kita untuk lebih bisa atau dengan cepat memahaminya. Nah, di sini ada beberapa cara yang mudah dan menyenangkan yang bisa kita gunakan dalam belajar Bahasa Inggris. Let’s check it out.

  1. Menonton film

Hampir semua orang suka menonton film. Nah, dari sini kita bisa belajar Bahasa Inggris dengan menonton film-film berbahasa Inggris dan lebih bagus lagi kalau ada subtitle (terjemahan) nya. Dari sini kita bisa mendengar percakapan para aktor pemeran, kemudian kita juga bisa menirukan apa yang mereka ucapkan semirip mungkin dan kita juga akan tahu artinya dengan melihat terjemahannya. Gimana, serukan? Kita jadi terhibur sekaligus dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita.

  1. Mendengarkan dan menirukan lagu

Sama halnya dengan film, hampir semua orang juga suka mendengarkan lagu. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita karena kita bisa mendengar, menirukan dan juga mencari arti dari lirik lagu tersebut. Dengan memahami arti lagu tersebut, kita akan lebih bisa menghayati isi lagu itu ketika menyanyikannya. Ini merupakan cara yang sangat menyenangkan karena kita bisa menyalurkan hobi menyanyi sekaligus jadi pintar berbahasa Inggris. Luar biasa.

 

  1. Menonton YouTube

YouTube merupakan platform video paling popular saat ini dimana kita bisa melihat banyak konten video dengan berbagai tema. Nah, di YouTube kalian bisa mencari berbagai macam bentuk dan materi pembelajaran Bahasa Inggris dengan mudah yang sesuai keinginan kalian. Salah satu channel tentang pembelajaran Bahasa Inggris adalah ‘Mistereksa’ dimana kalian bisa belajar materi Bahasa Inggris dengan mudah. Kalian tinggal mengetik apa yang ingin kalian pelajari. Dengan demikian, kalian bisa belajar dengan mudah dan menyenangkan.

  1. Bermain social media

Banyak sekali platform social media yang bisa kalian ikuti seperti Tik Tok, Helo, Snack Video, dll. Hampir sama dengan YouTube, Kalian bisa menonton berbagai video di platform tersebut dan tentunya ada pula video tentang pembelajaran Bahasa Inggris.

  1. Bermain Games

Bermain games merupakan aktivitas yang menyenangkan terutama bagi anak-anak. Namun ternyata games juga bisa menambah kemampuan Bahasa Inggris karena kebanyakan games menggunakan Bahasa Inggris mulai dari cara bermain, intruksi, nama tombol, ucapan karakter, dll. Sehingga hal ini bisa menambah kosa kata kita sekaligus tahu bentuk kalimat instruksi atau perintah dalam Bahasa Inggris. Sangat bermanfaat juga ya bermain games.

Nah, itulah beberapa cara mudah dan menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris. Adapun cara lain yg kalian bisa ikuti seperti membaca blog di internet, bergabung dengan forum atau komunitas Bahasa Inggris atau bisa juga praktek langsung dengan orang asing. Sekarang tinggal kalian suka yang mana. Boleh kok pilih lebih dari satu atau mungkin menggunakan semua cara tadi. Yang jelas, kita harus selalu belajar dari apapun yang kita lakukan dan tentunya itu bermanfaat bagi diri kita atau bahkan orang lain. Oke, selamat belajar dan bersenang-senang. Learning English is fun.

 

Penulis: Eko Susanto, S. Pd. (Guru Bahasa Inggris SMK Yayasan Pharmasi Semarang)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − 8 =