EKSTRAKURIKULER DI SMK YAYASAN PHARMASI SEMARANG

 

Ekstrakurikuler adalah adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Selain itu manfaat kegiatan ekstrakurikuler antar lain: siswa akan dilatih untuk bertanggung jawab, mampu mengatur waktu dengan baik, mandiri serta bekerja sama yang baik dengan banyak orang. Nah, di SMK Yayasan Pharmasi punya banyak jenis-jenis ekstrakurikuler yang bisa kamu minati nih, apa saja itu? Yuk kita simak!

  1. Jurnalistik

Jurnalistik adalah kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, melaporkan peristiwa, dan menyajikan sebuah informasi dalam bentuk berita kepada publik. Berita yang dikumpulkan bisa disajikan melalui buklet atau website. Di SMK Yayasan Pharmasi ektrakurikuler jurnalistik dilaksanakan setiap hari Senin di Lab Komputer 2 yang dilatih oleh ibu Sri Winarni,S.Pd.

2. Padus dan Vokal

Kegiatan ekstra paduan suara merupakan tempat siswa-siswi untuk belajar melatih  kekompakan menyanyi secara kelompok maupun perorangan.  Umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara. Paduan suara biasanya dipimpin oleh seorang dirigen atau choirmaster yang umumnya sekaligus adalah pelatih paduan suara tersebut. Dilatih oleh bapak Samuel Pambudi dan jadwal latihannya setiap hari Senin di ruang C.1.1.

3. Seni Tari

Ekstrakurikuler tari adalah wadah bagi siswi yang memiliki kemampuan dalam menari. Tari telah lama berkembang dalam kehidupan masyarakat dan selalu menggambarkan pola-pola tradisi dan kebudayaan masyarakat. Ragam kesenian tari tradisional di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Tim tari SMK Yayasan Pharmasi ikut berpatisipasi dalam lombaTari Semarang Hebat #DINUSFEST22TARI #D’AGAKSARA2022. Seni Tari dilatih oleh bu Cusitri Eni Asmorowati di Aula dan latihan setiap hari Senin.

4. Rebana

Ekstrakurikuler rebana mempunyai tujuan yaitu melatih kedisiplinan dan kekompakan, melatih kerjasama. melatih kesabaran serta meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME. Kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan mampu menggali potensi dan bakat dari siswa-siswi khususnya dalam bidang seni musik bernafaskan islami (hadrah). Ekstrakurikuler ini dilatih oleh bapak Shodiqul Hamid,S.Sos di aula setiap hari Selasa.

5. Futsal

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang masing- masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki dan anggota tubuh lain selain tangan, kecuali posisi kiper. Futsal, biasanya hanya memerlukan ruangan indoor dan memiliki luas yang lebih kecil. Dilatih oleh bapak Paryanto, S.Pd. dan bapak Suparno setiap hari Selasa di lapangan futsal.

6. Karya Ilmiah Remaja (KIR)

Karya ilniah remaja (KIR), adalah karya ilmiah yang ditulis atau dikerjakan oleh kalangan remaja. Karya ilmiah maksudnya karya tulis yang penyusunanya mengikuti kaidah-kaidah ilmiah. Menyusun KIR harus sesuai dengan dasar-dasar ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang garapan KIR yang akan dikerjakantidak bisa hanya dengan mengkhayal langsung bisa menyusun KIR. KIR dilatih oleh bu Ngain Kristin, S.Pd. di lab Kimia setiap Selasa.

7. Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olah raga yang paling banyak digemari oleh siswa siswi di SMK YaYasan Pharmasi serta lingkungan masyarakat sekitar pada umum nya.Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler bulu tangkis diharapkan menjadi wadah untuk penyaluran bakat siswa. Dilatih oleh bapak Suwarso, S.Pd. di Aula setiap Rabu.

8. Bola Basket

Kegiatan ekstrakurikuler bola basket merupakan salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah dan sebagai wahana untuk menampung, menyalurkan dan membina minat, bakat serta kegemaran peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.Tujuan siswa mengikuti ekstrakurikuler bola basket adalah agar bisa bermain bola basket, menambah pengalaman baru, mengembangkan bakat, ingin berprestasi, menambah teman dan mengisi waktu luang. Ektrakulikuler ini dilatih oleh ibu Emi Rachmawati, S.Si. setiap hari Selasa di lapangan.

9. PMR

Palang Merah Remaja atau PMR adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dll.) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan. Dan selamat atas pelantikan CATA PMR WIRA ANGKATAN XII pada 19 Maret 2022. PMR dilatih oleh ibu Mila Dia Nur di Aula setiap hari Kamis.

10. English Club

English Club adalah tempat dimana kamu bisa belajar, berbagi ilmu pengetahuan, dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam situasi yang santai dan menyenangkan. Salah satu keuntungan yang akan didapatkan dengan mengikuti English Club adalah bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu. Adapun tujuan dari English Club ini adalah membuat para siswa dapat menggunakan Bahasa Inggris secara baik dan benar dalam rangka menghadapi era globalisasi, perdagangan internasional dan memasuki persaingan kerja. Dilatih oleh bapak Eko Susanto, S.Pd. setiap hari Kamis di ruang C.1.1.

11. Pramuka

Menurut KBBI sendiri pramuka merupakan organisasi bagi generasi muda yang dapat mampu mendidik anggotanya dengan ketrampilan, kepercayaan pada diri sendiri , saling tolong menolong dan lain sebagainya.Pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik. Dan SMK Yayasan Pharmasi turut memperingati hari Tunas Kwarda Jateng 12 Maret 2022 di bumi perkemahan Jatirejo, Gunung Pati. Pramuka dilatih oleh kakak Hari Widarto, S.Pd., Abdul Baqi Sungkar, S.E. dan Sevana Osadhira setiap hari Jumat di lapangan.

 

Jadwal  pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMK Yayasan Pharmasi

Jadwal Hari Senin : Jurnalistik, Padus dan Vokal, dan Seni Tari.

Hari Selasa : Rebana, Futsal, KIR, dan Bola Basket.

Hari Rabu : Bulu Tangkis.

Hari Kamis : PMR dan English club.

Hari Jumat : Pramuka.

Setelah kalian simak dari 11 ekstrakulikuler di SMK Yayasan Pharmasi ada kah yang menarik atau yang kalian minati?

Yuk segera bergabung

Tim Jurnalistik

SMK Yayasan Pharmasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 3 =