Kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah X

Kegiatan perkemahan Wirakarya Daerah X diselenggarakan dari tanggal 21 -26 Juni 2022 di Bumi Perkemahan Hardawalika Jatirejo Gunung Pati Semarang. SMK Yayasan Pharmasi mengirim perwakilan siswa yang terdiri dari

1. Meuthia Aulia (XII PM) sebagai Pimpinan Kontingen

2. Melda Chabibatul Wirda (XI F) sebagai peserta

3. Elsa Alya (XI F4) sebagai peserta,

4. Angelina Dewi (XI PH), sebagai peserta,

5. Afri Purnomo Aji (XI KI) sebagai peserta,

6. M Topik Hidayat (XI PH) sebagai peserta,

7. Ahnaf Maulana (XI PH) sebagai peserta,

Kegiatan ini didampingi oleh Kakak Hari Widarto, S.Pd, Kakak Sevana Osadhira, dan kakak Kelvin Alfredho S.H.

Kegiatan pada hari pertama adalah mendirikan tenda, dilanjutkan upacara adat penegak dan pandega kemudian dilanjutkan pendaftaran ulang dan upacara untuk peserta kwaran.

Kegiatan hari ke -2 22 Juni 2022 adalah salat subuh berjamaah, bersih-bersih tenda dilanjutkan dengan persiapan untuk upacara pembukaan perkemahan yang diikuti oleh seluruh peserta dengan menggunakan seragam pramuka lengkap. Upacara dibuka oleh Wagub Jateng dan setelah upacara pembukaan ada  beberapa penampilan pentas kesenian seperti gamelan, tari daerah, atraksi sepeda roda satu oleh siaga, upacara tunas kelapa, drumband, dan jaranan. Selain itu ada kegiatan berikutnya yaitu:

1. Kegiatan Jumpa Tokoh yang diikuti oleh Melda, Dewi, Topik dan Aji. Kegiatan ini diikuti dengan berbagi pengalaman dan perjuangan yang dialami oleh para Tokoh Pramuka yang dihadirkan selama kegiatan jumpa Tokoh berlangsung. Pengalaman dan perjuangan yang memotivasi adik-adik untuk melanjutkan perjalanan mereka sebagai Praja Muda Karana.

2. Kegiatan Korve yang di diikuti oleh Ahnaf dan Elsa didapur umum dengan membantu menyiapkan bahan masakan untuk seluruh peserta perkemahan.

3. Kegiatan Temu Pinkon dan Bindamping yang diikuti oleh Meuthia dan Kak Sevana Kegiatan ini diawali dengan perkenalan para Pinkon dan Bindamping, lalu dilanjutkan dengan pembagian penjadwalan/pembagian tugas para peserta di hari berikutnya dan pada pukul 22.30 dilanjutkan istirahat malam di tenda masing-masing.

Kegiatan hari ke -3 Kamis 23 Juni 2022 adalah Salat subuh berjamah, senam pagi dilanjutkan apel pagi.

ada 4 kegiatan yang akan diikuti, yaitu :

1. Renovasi Rumah Tidak Layak Huni yang diikuti oleh Ahnaf dan Dewi dengan membawa alat kerja ember dan cetok, kegiatan ini diawali dengan mengganti genteng yang sudah tidak layak pakai, yaitu dengan menurunkan genteng yang sudah tidak layak pakai, lalu menggantinya dengan atap kayu yang baru, setelah itu membersihkan area rumah yang kotor agar layak untuk dihuni kembali.

2. Rehabilitasi Sarana Umum yang diikuti oleh Topik dengan alat bakti kuas cat di lapangan voli warga sekitar perkemahan. Kegiatan ini diawali dengan pemotongan rumput sekitar area lapangan voli yang dilanjutkan dengan pengecatan ulang lapangan voli.

3. Wawasan Kepemudaan yang diikuti oleh Melda. Wawasan Kepemudaan diikuti dengan mempelajari karakter diri, mengembangkan potensi diri, dan tes kepribadian.

4. Korve yang diikuti oleh Elsa dan Aji. Kegiatan ini dengan membantu belanja bahan masakan ke pasar seperti tahu dan telur. Pukul 11.30 pulang dari pasar, Aji dan Elsa mendapatkan bagian untuk menghitung jumlah bahan makanan yg dibelinya

Hari keempat, Jumat 24 Juni 2022 diawali dengan bangun pagi dan sholat subuh berjamaah di masjid, lalu dilanjutkan senam pagi lau apel pagi.

Agenda lainnya yaitu Renovasi layak Huni, Rehabilitasi sarana umum, Korve, Giat Kebudayaan Tari warak, Kegiatan vaksinasi Booster.

Kegitan pada hari ke 5 Sabtu, 25 Juni 2022 yakni slat subuh berjamaah, apel pagi, Wawasan Kebudayaaan Tari warak, Demo dan Gebyar Saka, Pelatihan makanan khas Semarang, Wawasan tanggap bencana (Damkar), Korve, dan malam cakra.

Hari keenam, Minggu 26 Juni 2022 diawali  bangun pagi dan sholat subuh berjamaah di masjid dilanjutkan  kegiatan operasi semut atau bersih-bersih area perkemahan yang diikuti oleh seluruh  peserta.

Pada saat upacara penutupan, Meuthia sebagai Pinkon mendapat tugas dari kak Hari untuk menyelesaikan administrisai di kecamatan perkemahan

Sedangkan kakak-kakak pembina pendamping  merapikan bongkar tenda dapur, packing barang pribadi, membongkar pagar. Upacara penutupan dimulai dengan gladi bersih upacara, penurunan bendera kegiatan PWD ke X tahun 2022 dengan pengetukan gong sebagai tanda kegiatan resmi perkemahan sudah selesai dilaksanakan, dilanjutkan  pentas Tari Warak yang diikuti oleh Dewi dan Aji, ada pembagian piala kejuaraan LCTP Pramuka Siaga,Penggalang, Penegak dan Pandega kusus Kota Semarang.

Demikianlah laporan kegiatan perkemahan Wirakarya Daerah di Jatirejo Gunungpati Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + nineteen =