Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Tahun Ajaran 2021/2022

 

 

Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar yang biasa diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada Pengurus OSIS yang baru. Latihan ini menyertakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kepemimpinan sebagai bekal Pengurus OSIS baru untuk melaksanakan tugasnya di kemudian hari.

Kegiatan yang dilakukan juga untuk mempersiapkan mental pengurus OSIS dalam memasuki lingkup kerjasama dalam berorganisasi. Tujuan dilaksanakannya LDK adalah agar mereka lebih siap untuk menjalankan tugasnya sebagai pengurus OSIS dalam hal mewujudkan visi dan misi bersama.Kegiatan ini juga mendorong Pengurus OSIS untuk lebih berprestasi dalam bekerja untuk meningkatkan kinerja OSIS sebelumnya.

Kegiatan LDK kali ini dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Januari 2022 dengan didampingi oleh bapak dan ibu guru dari Tim kesiswaan SMK Yayasan Pharmasi Semarang dan diikuti oleh Pengurus OSIS lama sebagai panitia dan Pengurus OSIS baru sebagai peserta. Pada kegiatan ini para panitia dan bapak ibu guru memberikan materi-materi yang dibutuhkan sebagai Pengurus OSIS seperti materi leadership, job description dan pembekalan.

Tidak hanya materi, pada kegiatan LDK kali ini juga mengadakan permainan yang mengharapkan para pengurus OSIS baru dapat berorganisasi dengan baik, melatih kepemimpinan dan mental, serta sebagai tahap lebih mengenal sesama anggota OSIS. Permainan yang dilaksanakan pada kegiatan ini yaitu :

  1. Rantai Nama
  2. Kursi Panas
  3. Perang Naga
  4. Estafet Koran

Pada LDK kali ini para panitia juga mengadakan susur sekolah (susah), yaitu menyusuri sekolah dengan mata tertutup sambil bergandeng tangan dengan anggota Pengurus OSIS baru yang lain. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kepercayaan antar sesama anggota sekaligus mengenal lebih detail bagian sekolah.

Tidak hanya itu, Peraturan Baris Berbaris (PBB) juga diagendakan dalam kegiatan ini. Kegiatan LDK bertujuan untuk melatih ketangkasan, ketegasan, sikap disiplin, serta tanggung jawab sebagai pengurus OSIS agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dan tegas dalam segala hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 1 =