LIBURAN KE DIENG PLATEU

Oleh : Apt MC, Ratih Mayasari, S.Si

 

Dieng Plateau atau dataran tinggi Dieng adalah salah satu situs bersejarah paling terkenal di Indonesia. Dataran ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena dikenal dengan pesona alamnya yang indah di Pulau Jawa yang dikelilingi oleh hijau pegunungan dan hamparan awan. Hal itu membuat Dieng memiliki udara dingin yang segar. Selain alamnya yang elok tiada dua, Dieng juga menyimpan banyak objek wisata geologi dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Dieng yaitu kawah, telaga, dan komplek kawasan Candi Hindu yang mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung kembali. 

 

Ragam Pilihan Wisata Dataran Tinggi Dieng

Tidak saja menyajikan wisata yang menonjolkan keelokan alam pegunungan, di sini juga terdapat berbagai aktivitas. Berkunjung ke museum, menikmati sunset dan sunrise, hingga melihat peninggalan candi-candi kuno. Berikut beberapa hal yang pengunjung dapat lakukan.

 

  1. Berkunjung ke Museum Kaliasa

Museum Dieng “Kailasa” merupakan sebuah museum di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Museum yang memiliki 4 bangunan utama ini memiliki koleksi benda-benda cagar budayaartefak, dan film mengenai Dieng. Koleksi yang dapat dilihat pada museum ini di antaranya memuat sejarah letusan Gunung Prahu Tua, sumber batu andesit yang digunakan untuk pembangunan candi, dan sistem kepercayaan masyarakat Dieng.

 

2. Dieng Plateau Theater

Berbeda dengan Museum Kaliasa, disini menyajikan film-film mengenai Dataran Tinggi Dieng. Dengan tiket menonton yang murah pengunjung dapat menyaksikan film selama 23 menit. Theater beroperasi dari jam 07.00 WIB hingga sekitar jam 18.00 WIB. Obyek wisata ini dapat dijadikan tujuan awal untuk bekal berkeliling Dieng selanjutnya. 

3. Gunung Prau

Sebagai titik tertinggi di Kawasan Wisata Dieng, Gunung Prau memiliki ketinggian 2565 mdpl. Banyak jalur yang bisa ditempuh menuju Gunung Prau. Jalur tersebut antara lain: Jalur Patak Banteng, Dieng, wates, dll. Salah satu jalur yang terkenal ialah Patak Banteng dengan estimasi waktu pendakian 3 jam.

Di puncak gunung ini pengunjung bisa menikmati sekaligus sunrise dan sunset. Sunrise dari puncak Gunung Prau sangatlah indah, dan terkenal dengn Golden Sunrise-nya. Selain itu tidak kalah menariknya adalah pemandangan Kota Wonosobo dan cantiknya Bunga Daisy.

4. Sunrise di Bukit Sikunir

Sama seperti Gunung Prau, fenomena Golden Sunrise juga memikat wisatawan yang berkunjung ke Bukit Sikunir. Bedanya waktu tempuh menuju puncak lebih cepat yaitu sekitar 1 jam dengan jalur tangga. Bagi wisatawan umum bisa memilih puncak Sikunir mengingat jalurnya yang lebih mudah dibanding Gunung Prau.

Untuk menunggu matahari terbit, di sini sudah tersedia gazebo. Sembari menunggu sunrise pengunjung bisa bersantai di gazebo sambil menikmati jajanan yang dijajakan penjual di sekitar area.

So gaes…apa saja tips yang harus kita siapkan pada saat kita ingin liburan ke Dieng Plateau disaat musim hujan…adalah :

  1. Siapkan Jas Hujan / Payung di Kendaraan Anda

Ketika turun hujan diawal-awal musim penghujan, sering kita jumpai para pemotor berteduh dipinggir jalan, bergerombol dibawah pohon atau di teras-teras toko. Tak jarang sampai mempersempit bahkan menutup jalan bikin kemacetan. Merugikan orang lain bukan?

Atau seseorang yang berbasah-basah keluar dari mobil menuju kantornya, karena terlupa tidak ada payung didalam mobil.

Keduanya tidak mengantisipasi akan kemungkinan turun hujan saat diperjalanan

  1. Siapkan Pakaian Cadangan

Tak ada yang tahu nasib seseorang saat musim hujan. Bila nasib kita apes, bukan tidak mungkin bahwa pakaian yang kita gunakan saat bepergian di musim hujan akan basah kuyup sekalipun telah memakai jas hujan.

Memakai pakaian basah dapat membuat tubuh menjadi kedinginan dan bisa menurunkan daya tahan tubuh. Oleh karenanya, siapkanlah pakaian cadangan di kendaraan anda sebagai cadangan bila kondisi tersebut terjadi.

  1. Bawa Sandal

Membawa sandal jepit merupakan hal yang bisa dikatakan wajib dalam menghadapi musim hujan. Tak jarang para karyawan serta pelajar kebingungan saat harus menepi dan berganti ke jas hujan, sebab alas kaki yang mereka gunakan akan tetap basah terkena air.

Membawa sandal dan diletakkan di kendaraan merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh anda. Selain itu, anda juga bisa mengemudi dengan bertelanjang kaki.

  1. Siapkan Kantong Plastik

Kantong plastik merupakan salah satu benda yang tidak kalah penting dalam musim hujan. Pada saat-saat seperti ini, kantong plastik bisa memiliki banyak fungsi seperti menyimpan pakaian yang basah dan melindungi dokumen penting.

Setidaknya siapkan satu atau dua kantong plastik di tas anda untuk melakukan hal di atas.

  1. Jaga Kondisi Tubuh

Menjaga kondisi tubuh saat musim pancaroba datang adalah hal yang sering dilupakan oleh masyarakat.

Di tengah sibuknya jadwal pekerjaan atau sekolah seseorang kerap atau mengutamakan aktifitasnya dan melupakan kondisi kesehatan tubuh. Akibatnya, seseorang dapat jatuh sakit di situasi yang tidak diinginkan.

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit di musim hujan sebenarnya adalah hal yang mudah.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang teratur dan mengkonsumsi Vitamin C dan Vitamin pendukung lainnya.

Oke….Selamat liburan yaaaa….

 

************************

One thought on “LIBURAN KE DIENG PLATEU”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − three =