MAGANG INDUSTRI JUGA DILAKUKAN KEPALA SEKOLAH

Magang industri sangat tepat dilakukan oleh siswa SMK, guru SMK dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman langsung berkaitan kompetensi sebagai siswa dan guru, di dunia industri, sesuai jurusan masing-masing. Hal yang lebih tepat lagi magang industri dilakukan oleh seorang kepala sekolah, sebagai penentu kebijakan di sekolah dan sebagai manajer sekolah.

Kepala SMK Yayasan Pharmasi, mulai tanggal 14 sampai dengan 20 September 2022 melaksanakan magang industri kompetensi manajerial kepala sekolah di CV Halona, kota Semarang. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan pengalaman langsung tentang kompetensi manajerial dimana di dalamnya ada kompetensi CEO. Selama magang mendapatkan ilmu tentang CEO, manajemen SDM, manajemen inovasi, manajemen keuangan, manajemen strategis, personal mastery, dan pengambilan keputusan dari perusahaan. “Pengalaman magang ini membuat saya lebih bersemangat dalam memajukan sekolah, serta menjadi suri tauladan bagi guru dan siswa agar lebih semangat melaksanakan magang”, ujar Rahayu Wahananingtyas, kepala sekolah.

Kegiatan magang ini diprakarsai oleh Balai Besar Pengembangan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri, Cimahi Jawa Barat. Menurut Hendra Widiana, pembimbing magang dari BBPPMPV BMTI, kegiatan ini bertujuan untuk mengawinkan industri dengan sekolah, supaya selaras menghasilkan lulusan yang kompeten. Pimpinan CV Halona, Aris Prasetya, menyambut baik kegiatan ini. Pihaknya berjanji akan selalu siap sebagai tempat magang untuk siswa, guru dan kepala sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × five =