Pemanfaatan Tanaman obat untuk masyarakat

Oleh : Apt Anik Endah Lestari, S.Farm

Minum jamu adalah salah satu kebiasaan turun temurun khas orang Indonesia untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagai orang Indonesia, Anda mungkin sudah terbiasa minum jamu sebagai bagian dari pengobatan alternatif dengan bahan-bahan alami.

Bagi Anda yang mempunyai TOGA (Tanaman Obat Keluarga)  pasti sudah familiar dengan penggunaannya sebagai obat herbal atau jamu. Hal ini karena sejak zaman nenek moyang manfaat atau khasiat minum jamu telah dipercaya untuk mencegah penyakit hingga membantu pemulihan setelah sakit.

 Beberapa jenis jamu yang umum dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

1. Kunyit

adalah tanaman rempah atau obat yang masih satu keluarga dengan jahe. Manfaat jamu kunyit untuk kesehatan tubuh sebagian besar berasal dari kandungan senyawa kurkuminnya.Kunyit sudah cukup sering diteliti dan dibuktikan mengandung  senyawa kurkumin yang cukup tinggi untuk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. untuk mengatasi gangguan pencernaan  

2. Temulawak

Jamu temulawak tak hanya nikmat. Nyatanya dari sejumlah bukti tes farmakologis, temulawak dilaporkan memiliki kandungan senyawa antimikroba, antiradang, antikanker, serta antidiabetes yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Temulawak juga mengandung  senyawa antioksidan berupa fenol, flavonoid, dan kurkumin yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. temulawak bermanfaat untuk mengatasi diare, demam, sembelit, penurunan nafsu makan, dan keputihan. termasuk membantu mengatasi sakit maag dan asam lambung. Ini karena kandungan flavonoid yang berperan untuk mengurangi sekresi asam.

3. Jahe

Jahe adalah rempah lainnya yang sangat populer diolah menjadi jamu. Secara turun temurun, manfaat atau khasiat jamu yang mengandung jahe dipercaya untuk mengurangi risiko pembekuan darah, menghangatkan badan, hingga meredakan rasa mual saat hamil, mual akibat efek samping kemoterapi, sampai efek samping operasi tertentu.Lebih lanjut, jahe dilaporkan dapat terserap dengan baik dalam pencernaan.

Semoga bermanfaat  ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − one =