Pembekalan Praktik Kerja Industri untuk Siswa Kelas XII Farmasi Klinis dan Komunitas serta Kompetensi Keahlian Kimia Industri

Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mengimplementasikan kemampuan yang dimiliki guna memasuki dunia kerja, maka siswa kelas XII Farmasi Klinis dan Komunitas dan XII Kimia Industri SMK Yayasan Pharmasi akan melaksanakan praktik kerja industri (PRAKERIN) pada semester genap nanti. Untuk memantapkan dan memberi gambaran dasar mengenai kegiatan di dunia kerja agar saat prakerin nanti tidak mengalami kendala yang berarti maka seluruh siswa kelas XII Farmasi Klinis dan Komunitas dan XII Kimia Industri mengikuti Pembekalan Prakerin yang telah diadakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2021, dari pukul 07.00 s.d 11.30 waktu setempat. Bertempat di aula SMK Yayasan Pharmasi untuk Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas dibagi dalam dua sesi guna mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yaitu sesi pertama pada tanggal 16 Desember 2021 dan sesi berikutnya di tanggal 17 Desember 2021. Sedangkan kompetensi keahlian Kimia Industri hanya ada satu sesi yaitu pada tanggal 16 Desember 2021 bertempat di ruang C.1.1. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti.

 

Materi dalam pembekalan ini disampaikan oleh bapak/ibu guru dari sekolah diantaranya Apt. Rahma Inayati, S.Farm., Apt. Desi Rahayu S., S.Farm., A. Syah Ronie, S.T., M.Pd., Vesti Fresdiyati, S.Psi., M.Psi., mengenai pengantar gambaran tentang bagaimana prakerin dilakukan, tata tertib di tempat prakerin dan etos kerja di tempat prakerin. Perwakilan dari DUDI Apotek Griya Husada yaitu Budiharto, ST., MM. pada Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas memberikan materi tentang pelayanan kefarmasian di apotek, sedangkan pada Kompetensi Keahlian Kimia Industri diwakili oleh Drs. I Made Edi Santosa, Apt. dari PT. Global Multi Pharmalab memberikan materi tentang deksripsi pekerjaan pada bagian Quality Control di industri. Siswa-siswi terlihat antusias mengikuti kegiatan ini karena memang mereka merasa butuh pengetahuan dan keterampilan ini sebagai bekal mengikuti praktik kerja industri. “Saya sangat senang ada pembekalan semacam ini sebelum diterjunkan di tempat prakerin. Materi pembekalan ini juga disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami, sekarang kita memiliki gambaran tentang bagaimana nantinya saat menjalani praktik kerja industri” ujar Aditia Fajar Putra Wibowo, salah satu peserta pembekalan dari kelas XII F1. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemadatan khusus mapel produktif Farmasi Klinis dan Komunitas pada tanggal 20-21 Desember 2021 dan Kimia Industri 27-28 Desember guna menyiapkan siswa-siswi dari segi tambahan pengetahuan teori maupun praktik yang sesuai dengan kompetensi masing-masing jurusan.

   

Aldilla Firdausi, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 4 =