Pembuatan HS dab Sabun di SMK N 1 Pekalongan

SMK Yayasan Pharmasi selalu terbuka untuk siapa saja, baik dalam bidang pendidikan, dan non pendidikan. Salah satunya adalah kegiatan pelatihan pembuatan hand sanitizer dan sabun cuci tangan cair yang dilakukan di SMKN 1 Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin, 6 Juni 2022 bertempat di aula SMKN 1 Pekalongan dan diikuti oleh peserta didik kelas X kompetensi keahlian Perhotelan dengan jumlah peserta 70 siswa.

Kegiatan yang diberikan oleh Rahayu Wahananingtyas, S.Pd., M.Pd. dan Achmad Syah Ronie, S.T., M.Pd. bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa perhotelan dalam bidang higiene atau sanitasi dengan memberikan bekal tambahan untuk bisa membuat hand sanitizer dan sabun cuci tangan cair.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dengan antusias dan semangat walau hanya dengan peralatan sederhana yang tentunya bisa dijumpai sehari-hari seperti baskom, ember, pengaduk kayu, gelas takar plastik dan bahan-bahan yang mudah didapat, tentu siswa-siswi bisa berwirausaha dengan mengembangkan apa yang sudah diperoleh dengan memproduksi pada skala yang lebih besar kemudian memasarkan produk hand sanitizer dan sabun cuci tangan cair.

Setelah kegiatan ini banyak respon positif dari peserta yang ingin mengembangkan apa yang sudah mereka dapatkan saat pelatihan. Dengan tambahan tips dalam bagian-bagian yang penting pada label, diharapkan bisa membuat produk menjadi lebih menarik. Dapat disimpulkan dari yang diperoleh dari peserta bahwa pembuatan hand sanitizer dan sabun cuci tangan sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. (Rahayu-Ronie)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × three =