PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) GENAP SMK YAYASAN PHARMASI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan nikmat dan karuniaNya, sehingga kita semua dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Salah satu aktivitas kita adalah mengajar dan mendidik siswa agar menjadi anak-anak yang cerdas, terampil, berakhlak mulia, sopan santun dan berjiwa Nasionalisme, sehingga anak-anak didik kita bisa berguna untuk Nusa dan Bangsa. Selain kegiatan mengajar dan mendidik juga mengevaluasi hasil dari apa yang sudah kita laksanakan yaitu dengan menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester ( PAS ) atau yang dulu disebut dengan Ujian Akhir Semester ( UAS ) dengan dibentuk kepanitiaan.

Penilaian Akhir Semester ( PAS ) atau Ujian Akhir Semester ( UAS ) dilaksanakan berdasarkan kelender akademik sekolah tahun 2021 / 2022. Pelaksanaan ujian dilaksanakan dengan 3 tahap. Pertama   dimulai dari pukul 07.30 s.d 09.00 Wib. Kedua dimulai dari pukul 09.30 s.d 11.00 Wib dan Ketiga dimulai dari pukul 11.30 s.d 13.00 Wib. Tiga tahap dengan tiga mata pelajaran hanya dilaksanakan selama dua hari dan hari berikutnya hanya dua tahap sampai jam 11.00 Wib dengan dua mata pelajaran.

Penilaian Akhir Semester ( PAS ) genap tahun ajaran 2021 / 2022, SMK Yayasan Pharmasi dilaksanakan secara tatap muka. Sebetulnya Penilaian Akhir Semester ( PAS ) atau Ujian Akhir Semester ( UAS ) sudah dilakukan pada tahun ujian tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membuat SMK Yayasan Pharmasi tidak canggung dalam melaksanakan PAS tahun ini. Kita tetap mengedepankan dan mentaati aturan yang di tetapkan oleh Pemerintah tentang aturan prokes. Tata tertib dan ruangan dipersiapkan oleh panitia sesuai dengan tetap menjaga aturan prokes. Tiap pintu ruangan juga ditempel tentang petunjuk tentang cara mentaati protokol kesehatan.

Panitia mempersiapkan kegiatan Penilaian Akhir Semester ( PAS ) genap tahun ajaran 2021/2022 antara lain :

  1. Denah ruangan
  2. Membuat jadwal ujian.
  3. Membuat tata tertib peserta ujian dan pengawas ujian.
  4. Menggandakan soal sesuai dengan jumlah siswa.
  5. Memasukkan soal dan lembar jawab ke amplop.
  6. Menata tempat untuk sekretariat PAS.
  7. Mempersiapkan ruangan untuk siswa.
  8. Membuat jurnal, daftar hadir dan denah tempat duduk.
  9. Kartus ujian untuk siswa.
  10. Menyusun jadwal pengawas ruang.

Siswa di minta hadir 15 menit sebelum bel masuk dibunyikan. Dengan membawa perlengkapan dan alat tulis yang digunakan serta serta membawa kartu tes. Sebelum bel masuk dibunyikan siswa menunggu di depan ruang masing-masing, sambil belajar dan mempersiapkan alat tulis. Bapak ibu guru pengawas briving untuk persiapan jaga ruang yang ditentukan.

Setelah bel tanda masuk dibunyikan siswa dipersilahkan masuk di ruangan. Siswa dipersilahkan duduk dengan tertib sesuai dengan tempat dan nomor ujian yang telah ditentukan. Kegiatan PAS diawali dengan berdoa terlebih dahulu. Sebelum mengerjakan soal PAS siswa menjawab salam dari bapak atau ibu pengawas. Setelah soal dibagikan oleh pengawas ruang siswa dipersilahkan mengerjakan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Siswa mengerjakan soal dengan tertib dan disiplin tidak boleh menanyakan jawaban kepada temen lainya. Siswa mengerjakan dengan cermat dan teliti menjawab soal satu persatu sampai waktu selesai. Siswa mengecek nama kelas dan identitas lain agar tidak  ada yang lupa. Setelah selesai mengerjakan PAS, pengawas mengambil lembar jawab diurutkan sesuai nomor terkecil ke nomor terbesar. Setiap hari siswa mengerjakan dua buah soal sesuai dengan jadwal yang tetertera di kartu peserta ujian. Dengan adanya kartu ujian yang berisi jadwal pelajaran, siswa diharapkan  dapat mempersiapkan diri dengan  belajar dengan baik agar nilai yang dihasilkan memuaskan.

            Semoga pelaksanaan PAS di SMK Yayasan Pharmasi dapat berjalan dengan lancar sampai seluruh mata pelajaran selesai diujikan dan semua siswa di beri kesehatan. Aamiin. Salam sehat untuk kita semua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − 9 =