Produk Minuman Herbal Instan

Di masa pandemi covid-19 yang melanda saat ini menyebabkan semua orang berpikir untuk membangun sistem imun. Masyarakat berlomba untuk menerapkan hidup sehat dengan memilih bahan herbal untuk memperkuat system imun.

Herbal “ Jahe”, dengan nama latin Zingiber officinale salah satu rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di masyarakat karena rasanya yang pedas dan bisa menghangatkan badan. Dari maanfaat tersebut, “Jahe” sering terpilih untuk bahan utama minuman penghangat badan ketika cuaca sangat dingin. SMK Yayasan Pharmasi saat ini melalui mata pelajaran Prodik Kreatif dan Kewirausahaan mengajarkan kepada siswa siswi untuk memproduksi minuman herbal instan dengan varian klasik yang berbahan dasar jahe yaitu jahe wangi, dan sirup jahe. Selain untuk meningkatkan kompetensi siswa, pembelajaran ini pun bisa dijadikan bekal berwirausaha selama kegiatan belajar online.

Produk “Jahe wangi” merupakan salah satu minuman herbal dengan spesifikasi bentuk serbuk, kombinasi rasa hangat dan manis dari gula tebu murni, sedangkan produk “sirup jahe” merupakan sirup dengan bahan dasar utama jahe dan gula. Semua bahan yang digunakan dalam memproduksi minuman herbal merupakan bahan segar dan murni. Untuk pembuatan jahe wangi potong kecil-kecil rimpang jahe yang sudah dibersihkan. Proses diawali dengan memperkecil potongan jahe dengan bantuan blender agar diperoleh sari jahe murni. Sari jahe murni inilah yang selanjutnya digunakan untuk produksi kedua minuman herbal andalan SMK Yayasan Pharmasi.

Kebutuhan akan bahan herbal yang semakin melonjak dibarengi juga dengan kenaikan harga bahan tersebut, sehingga melalui pembelajaran Farmakognosi, siswa siswi SMK Yayasan Pharmasi diajarkan cara membuat bahan herbal kering (simplisia). Produk herbal kering mempunyai banyak keuntungan dalam penyimpanan yang relative mudah dan bertahan cukup lama, sehingga membantu masyarakat dalam pemenuhan peningkatkan system imun..

Dengan pengolahan yang tepat herbal “jahe” kering sangat bermanfaat bagi tubuh, sekaligus mengemat biaya yang harus dikeluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

six + 7 =