PROGRAM PENYIMPANAN HANDPHONE DI SMK YAPHAR

Handphone merupakan alat telekomunikasi elektronik dua arah yang bisa dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan berupa suara. Pengertian tersebut merupakan pengertian handphone secara umum. Dalam  keseharian kini manusia hampir tidak bisa lepas dari handphone. Apalagi dengan semakin berkembangnya handphone sehingga handphone memiliki berbagai fungsi sekaligus. 

Fungsi utama dari handphone adalah sebagai alat komunikasi melalui suara dan pesan singkat (SMS). Selanjutnya handphone berfungsi untuk menangkap siaran radio, televisi. Juga dilengkapi dengan fungsi audio, kamera, video, game, serta layanan internet. Kini handphone bahkan memiliki fungsi yang hampir sama dengan perangkat komputer. Namun pada intinya pengertian handphone adalah sebagai sebuah alat telekomunikasi sehingga fungsi utamaya adalah untuk berkomunikasi baik melaui suara maupun pesan singkat.

Pada tanggal 1 September 2022 SMK Yaphar mengadakan program penyimpanan hp siswa, yang di simpan di loker khusus. Penyimpanan ini di pusatkan di lantai satu. Hp di kumpulkan paling lambat pada pukul 07.10 yang di kumpulkan oleh siswa yang bertugas. Siswa yang bertugas tersebut akan mengumpulkan terlebih dahulu hp teman-temanya dan di ceklis setiap orang yang mengumpulkan, agar tahu siapa saja yang belum mengumpulkan. Jika sudah ter ceklis semua hp akan di hitung, apakah benar sudah terkumpul semua. Setelah itu siswa yang bertugas akan mengumpulkan hp tersebut di loker yang berada di lantai 1.  Kertas laporan tadi dikumpulkan di ruang tata usaha dan pada saat pulang sekolah siswa yang bertugas menggambil kertas laporan dan hp, lalu di bagikan kembali. Penyimpanan hp tersebut di awasi guru yang piket/bertugas.

Setiap program yang diadakan pasti terdapat kekurangan dan kelebihan, berikut kekurangan dan kelebihan tersebut

Menurut Waka kesiswaan Ibu Ika Purwati, S.Si., diadakannya program penyimpanan hp siswa bertujuan untuk :

  • Menghindari adanya kehilangan hp.
  • Siswa akan lebih sering membaca buku.
  • Tidak ketergantungan dengan hp.
  • Lebih memperhatikan guru yang sedang menjelaskan ( kelas kondusif).
  • Lebih banyak berkomunikasi dengan teman.

Kekurangan diadakannya program penyimpanan hp siswa:

  • Ada beberapa mapel yang  menggunakan media hp karena belum mendapat buku edisi terbaru dan terpaksa menggunakan buku edisi lama.
  • Materi terbatas, karena ada beberapa mapel juga yang memerlukan materi lebih dari internet.

Ibu Rahayu Wahananingtyas, S.Pd.,M.Pd., menegaskan bahwa pada dasarnya tujuan sekolah memfasilitasi siswa menyimpan Hp di loker demi kebaikan peserta didik semua. Beliau menginginkan agar siswa-siswa berkonsentrasi belajar.

One thought on “PROGRAM PENYIMPANAN HANDPHONE DI SMK YAPHAR”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 1 =