SEBANYAK 45 PESERTA DIDIK SMK YAYASAN PHARMASI IKUTI ANBK

SMK Yayasan Pharmasi telah selesai melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tanggal 29 – 30 Agustus 2022. ANBK ini telah diikuti oleh peserta didik sejumlah 45 yang dibagi dalam 3 sesi dan setiap sesi terdiri dari 15 peserta didik. Adapun pengawas ANK satu orang guru yang merupakan pengawas silang dari sekolah lain.  Kegiatan yang diketuai oleh Kepala Sekolah Rahayu Wahananingtyas, S. Pd., M. Pd. ini telah berjalan dengan baik dan lancar. Semua peserta ANBK dapat megikuti kegiatan tersebut dengan semangat spotifitas dan kejujuran dalam mengerjakan soal.

Perlu diketahui bahwa ANBK merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk menilai mutu setiap sekolah. Mutunya dinilai dari hasil belajar murid, kualitas proses belajar mengajar, dan iklim satuan pendidikan. ANBK wajib dilaksanakan oleh seluruh Satuan Pendidikan dari jenjang SD, SMP sampai SMA. Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek, instrumen yang dipakai di ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM menjadi instrumen yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Sementara Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar akan mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

ANBK tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual. Namun ANBK menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, ANBK akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional akan dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.

SMK Yayasan Pharmasi telah memberikan bekal yang cukup bagi peserta ANBK untuk menghadapi tes tersebut dengan melakukan simulasi dan gladi bersih bagi para calon peserta agar mereka dapat mengerjakan tes dengan baik. Panitia juga melakukan sinkronisasi baik aplikasi maupun administrasi untuk kegiatan ANBK, dimana semua iyu telah disediakan oleh Kemendikbudristek dan sekolah tinggal mengunduh dan menggunakannya.

Kegiatan ANBK di SMK Yayasan Pharmasi ini juga telah dikunjungi dan diperiksa oleh Pengawas Sekolah SMK yaitu Dr. Ahlis Qoidah Noor., S. Pd., M. Pd. dan menyampaikan bahwa SMK Yayasan Pharmasi telah melaksanakan ANBK dengan baik secara administrasi maupun pengawasan terhadap peserta ANBK. Hal ini diharapkan dapat terus ditingkatkan untuk kegiatan ANBK di tahun depan maupun kegiatan lain. Made Nirmala Oktaviani, salah satu peserta ANBK juga menyampaikan bahwa tes ini soalnya cukup sulit baginya dan sebagian besar teman-temannya karena harus berfikir logis dan juga kritis. Tetapi Made tetap semangat dalam mengikuti tes tersebut karena ini merupakan hal baru baginya. Adapun kegiatan ANBK ini berjalan dengan baik, tidak ada kendala selama kegiatan berlangsung.

One thought on “SEBANYAK 45 PESERTA DIDIK SMK YAYASAN PHARMASI IKUTI ANBK”

  1. Great..semoga asesmen ini menunjukkan kualitas yg sesungguhnya.. semangat terus belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6 + 7 =