SEMINAR PARENTING SMK YAPHAR 2021 “Menyiapkan Anak Tangguh Menghadapi Tantangan”

SMK Yayasan Pharmasi telah melaksanakan kegiatan seminar parenting secara daring dengan tema “Menyiapkan Anak Tangguh Menghadapi Tantangan” pada selasa 14 Desember 2021 jam 13.00.

Pembicara pada parenting kali ini adalah seorang praktisi grafolog yang su

dah mempunyai pengalaman selama 10 tahun,  Irene Rosmini, S.Psi., Psikolog, CHA.Ibu Irene memberikan motivasi bahwa menjadi orang tua yang baik adalah yang mau terus belajar untuk perkembangan anak-anak nya. Tantangan menjadi orang tua pada masa kini jauh lebih tinggi dengan adanya era informasi terbuka, era digital, Pengaruh negatif lingkungan, persaingan, ketidakpastian, dan kesulitan. Untuk mengetahui secara lengkap dapat mengkases link youtube berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=9yKC-u4tSdI.

Rahayu Wahananingtyas, S.Pd., M.Pd selaku kepala sekolah mengucapkan terimakasih karena orang tua telah menyempatkan waktu di sela-sela kesibukannya. Tujuan dari kegiatan parenting ini adalah untuk berkomunikasi dari pihak sekolah dan orang tua sambil mendapatkan ilmu dari nara sumber.

Meskipun seminar ini secara daring namun peserta yang terdiri dari orang tua siswa kelas X XI  XII sangat antusias mengikuti jalan nya seminar dari awal hingga akhir. Bahkan sesi pertanyaan tidak dapat terjawab dengan tutnas karena saking banyaknya antusiasisme dari peserta. Lebih lanjut disampaikan bahwa peserta dapat menghubungi ibu Irene pada nomor 08179530558 melaui chat apabila hendak berkonsultasi. Berikut ini rangkuman mengenai tanya jawab:

  1. Rahayu Wahananingtyas

Misalnya ada kasus, tipe anak semangat tetapi merasa prestasi tidak dihargai, dan merasa percuma. Bagaimana cara mengatasinya.

Jawab : Kebutuhan untuk dihargai adalah dasar. Budayakan diri untuk lebih mudah mengapresiasi.

Ikutkan lomba, beri tanggung jawab yang besar dan porsi besar. Tampilkan bakat/performa nya melalui media sosial.

  1. Orang Tua Dewi puspita

Bertanya tentang minder, mengatasi cara anak yang minder bagaimana? Jarang bicara dengan orang lain.

Jawab : minder banyak jenisnya, kalu cuma introvert saja tidak apa2, tetapi jika ada potret diri yang buruk maka harus dibantu. Jika di jurusan farmasi maka tidak apa2, karena pekerjaan di farmasi memerlukan keseriusan.

Anak usia 3 dan 5 tahun ada fase inisiatif dan otonomi. Di budaya Indonesia lebih menyukai jika anak penurut, sehingga anak ini tidak berkembang kemampuan inisiatifnya.

Salah satu caranya adalah dengan memancing apa yang bisa dilakukan.

  1. Heru Kurniadi

sy ada masalah. anak sering marah2. sehingga ibunya Sampai takut untuk menyuruh atau apa…

bagaimana solusinya jadi kalo sy ayahnya Ndak di rumah komunikasi kurang lebih banyak main HP.
Jawab : solusinya adalah dengan tes dan penanganan. Beri penjelasan kepada 2 pihak, anak dan ibu untuk membangun relasi yang baik, ayah sebagai penengah.

  1. Sp Hariningsih:
    Ibu irene maa mau tanya : pertama : bagaimana caranya membuat suatu perintah ke anak itu bukan merupakan suatu beban. yang kedua : anak saya itu dari TK tes psikologi hasilnya maksimal (lebih tinggi poinnya) drd hasil test psikologi kakaknya. tetapi kenapa dari kecil sampai kls XI ini kalau di suruh belajar susah. prestasi akademik juga biasa. lebih suka kreatif. bagaimana ini bu solusinya? Matursuwun
    Jawab :
    Suatu perintah jangan ada embel2 nya, tegas dan singkat tanpa panajng lebar.
    relasi diperbaiki, komunikasi diperbaiki.

Di Indonesia murid di cetak untuk menjadi sama. Jika memang tau anak kreatif maka harus di rangsang dan disalurkan kreatifitasnya.

  1. Marwa/ Agatha

Mohon maaf bu, saya ingin bertanya. Bagaimana cara kita untuk dapat masuk ke dunia anak yang sifatnya lebih pendiam dan tertutup dengan keluarganya… Terima kasih
jawab :
Bangun relasi, tanyakan apa yang sedang diminati. Jika anak tidak bisa membuka diri, obrolkan hal yang umum, misalnya nonton tv bareng di komentari hal yang umum. Jika sudah bias terbuka baru bias masuk ke ranah yang lebih private.

  1. Ferianda Maya

Mohon maaf bu, saya ingin bertanya. Bagaimana cara kita untuk dapat masuk ke dunia anak yang sifatnya lebih pendiam dan tertutup dengan keluarganya… Terima kasih

Jawab : kerja sama dengan sekolah untuk mengkomunikasikan melalui tulisan/ gambar.

  1. Jesika Kartika

ijin bertanya …anak usia SMK ini bagaimana menurut ibu …bolehkah berpacaran atau di larang?

Jawab :
Dilarang/ diijinkan, anak harus diajarkan fondasi untuk batasan pacaran dan menjaga diri tidak boleh melakukan hubungan seks pranikah. Jika anak sudah penuh cinta dari rumah, maka anak tidak akan mencari cinta dari luar. Yang berbahaya adalah jika anak mengalami kelaparan cinta apabila dilarang malah anak menyembunyikan hubungan pacaran, atau pacaran sembarangan dengan siapapun yang mau mencintainya, atau yang lebih ekstrem tidak bisa pacaran hingga dewasa. Pengalaman pribadi bu Irene mengijinkan anak untuk pacaran tetapi dengan pemantauan.

  1. Nurul Qomariah
    Bgmn menasehati anak agar ttp semangat utk hal pendidikan selepas dr SMK..Krn ketika ditanya dia LBH memilih kerja utk oersiapan kuliah k..karena ortua jg khawatir klo andai saja dia tdk kuliah nanti tdk bisa bersaing dg yg lain hi matur suwun..jawabannya bu
    Jawab :
    Tempa karakter, semangat untuk kerja di support, sambil difasilitasi jika ingin ambil kuliah. beri motivasi untuk kuliah, karena untuk pekerjaan tertentu dibutuhkan gelar khusus. Sekarang banyak kuliah yang dapat disambi bekerja, misalnya kuliah kelas daring/ ekstensi/ Universitas Terbuka.

Semarang, 14 Des 2021

Wa.Ka Kesiswaan

 

 

Ika Purwati, S.Si

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − 17 =