SISWI SMK Yayasan Pharmasi Diberikan Tablet Tambah Darah (TTD) oleh Puskesmas Tlogosari Kulon

X F3
X F3

Telah dilaksanakan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) oleh petugas Puskesmas Tlogosari Kulon kepada siswi SMK Yayasan Pharmasi pada tanggal 12 November 2021. Seluruh siswi kelas X dan XII yang hadir dalam pembelajaran tatap muka (PTM) pada hari tersebut mengkonsumsi TTD.

Berdasarkan Pedoman Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Bagi Remaja Putri Pada Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat KEMENTERIAN KESEHATAN 2020, disampaikan bahwa Anemia adalah suatu kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah lebih rendah dari standar yang seharusnya. Untuk remaja putri (Rematri) dikatakan anemia apabila Hb < 12 gr/dl. Hemoglobin berfungsi untuk mengikat oksigen dan menghantarkan oksigen ke seluruh sel jaringan tubuh, termasuk otot dan otak untuk melakukan fungsinya. Seseorang menderita anemia biasanya ditandai dengan 5 L yaitu lesu, lelah, letih, lemah dan lunglai. Dalam masa pandemi, konsumsi TTD sangat penting untuk mencegah anemia sekaligus meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus corona. Upaya pencegahan dan penanggulangan anemia dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang cukup mengandung zat besi dan protein untuk meningkatkan pembentukan hemoglobin serta penyerapan zat besi dalam tubuh.
Agar konsumsi TTD dapat lebih efektif untuk mencegah anemia : 

  • Harus disertai dengan penerapan asupan makanan bergizi seimbang, cukup protein dan kaya zat besi 
  • Minum TTD dengan air putih 
  • konsumsi buah-buahan sumber vitamin C (jeruk, pepaya, mangga, jambu biji, dll) untuk meningkatkan penyerapan TTD lebih efektif 
  • Jangan minum TTD dengan teh, kopi atau susu karena akan menghambat penyerapan zat besi. 
  • Bila perut terasa perih, mual serta tinja berwarna kehitaman, tidak perlu khawatir karena tubuh akan menyesuaikan. Untuk meminimalkan efek samping tersebut, jangan minum TTD dalam kondisi perut kosong.

Guru pembina UKS/ wali kelas diharapkan dapat mengingatkan siswi untuk meminum TTD mandiri melalui WAG atau media sosial lain yang biasa digunakan bersama siswi.

XII F4
XII F4
XII F3
XII F3 
XII F 5
XII F 5
XII F 1
XII F 1
X KI
X KI
X F 2
X F 2
X PH 1
X PH 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 20 =