SMK FARMASI TELADAN MRANGGEN MENGGANDENG LSP P1 SMK YAYASAN PHARMASI SEMARANG ADAKAN UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN TAHUN 2022

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri.

Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Kegiatan UKK di SMK Farmasi Teladan tahun ajaran 2021/2022 untuk pertama kalinya dilaksanakan dengan LSP P1 SMK Yayasan Pharmasi Semarang baru-baru ini tepatnya Selasa, 22 Maret 2022 kemarin.

Adapun kegiatan UKK ini diawali dengan kegiatan verifikasi kelayakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK Farmasi Teladan pada hari Senin, 21 Maret 2022 oleh salah satu asesor LSP P1 SMK Yayasan Pharmasi Semarang yakni Suciati. Pada kegiatan verifikasi itu dipastikan kelayakan dari sarana prasarana laboratorium farmasi dari tempat untuk asesi/siswa yang diuji, bahan-bahan dan peralatan yang akan dipakai dalam UKK

Ujian diikuti oleh 30 siswa kelas XII di lokasi sekolah SMK Farmasi Teladan Mranggen Jl. Pungkuran Raya 144 Mranggen. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 dengan jumlah siswa 15 orang pada sesi I dan pukul 13.00 – 17.00 dengan jumlah siswa 15 orang pada sesi II. Kegiatan UKK tersebut diuji oleh 3 orang asesor yaitu apt. Suciati, S.Si., apt. Erlien Lusy Wijaya, S. Farm., M.Sc dan apt. Rahma Inayati, S.Farm.

Pada kesempatan itu kepala sekolah SMK Farmasi Teladan Mranggen apt. B. Bagus Aditya Abadi, S.Si sangat mengapresiasi kegiatan UKK yang dilaksanakan dengan LSP P1 SMK Yayasan Pharmasi.

“Semoga dengan UKK bersama LSP P1 SMK Yayasan Pharmasi nantinya para calon lulusan dapat menjadi calon tenaga kerja tingkat menengah di bidang farmasi yang lebih berkualitas lagi dan sekolah kami semakin dikenal oleh masyarakat,” kata  apt. B. Bagus Aditya Abadi, S.Si

Ketua Program Keahlian Farmasi SMK Farmasi Teladan apt. Swasti Ainun Tias, S.Farm juga mengucapkan terimakasih atas bimbingan yang diberikan oleh tim LSP P1 SMK Yayasan Pharmasi dalam menyiapkan siswa-siswanya untuk menghadapi UKK tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 4 =