SMK Yayasan Pharmasi Ikut Melestarikan Budaya Daerah

Oleh : Aloysia Sri Winaryanti

Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu Provinsi dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

SMK Yayasan Pharmasi adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di lingkungan   Provinsi Jawa Tengah. Seturut dengan program pemerintah provinsi untuk  melestarikan budaya daerah maka SMK Yayasan Pharmasi juga memprogramkan pelestarian budaya daerah untuk peserta didiknya yaitu dengan memberikan ekstra berupa tari kreasi dan klasik. Kegiatan ekstra itu bertujuan agar peserta didik di SMK Yayasan Pharmasi mengetahui bahwa kita masyarakat Jawa Tengah itu mempunyai budaya yang adiluhung , yang patut untuk dilestarikan karena budaya daerah itu merupakan kekayaan suatu bangsa.

Jika untuk peserta didiknya diberi kegiatan  ekstra tari sebagai bentuk pelestarian budaya daerah  lalu bagaimana dengan para pendidiknya?.

Ibu Rahayu Wahananingtyas, M.Pd selaku kepala SMK Yayasan Pharmasi  mengikuti program dari bapak Gubernur Jawa Tengah  yaitu mewajibkan untuk semua guru baik bapak  ataupun  ibu serta tenaga kependidikan setiap hari kamis untuk mengenakan  pakaian daerah  yang merupakan budaya daerah. Program ini bertujuan agar bapak dan ibu guru serta tenaga kependidikan ikut melestarikan dan menjunjung tinggi budaya daerah melalui pakaian yang dikenakan.

Dengan mewajibkan bapak dan ibu guru serta tenaga kependidikan menggunakan pakaian daerah maka rasa memiliki, rasa handarbeni dan rasa mencintai terhadap pakaian daerah yang merupakan cerminan dari luhurnya budi pekerti masyarakat Jawa Tengah. Semoga dengan mendukung program pemerintah Provinsi Jawa Tengah budaya daerah melalui pakaian daerah yang kita kenakan,  pakaian daerah menjadi tuan rumah di negeri sendiri.  Dan dengan semangat *Kita Lestarikan Budaya Jawa Tengah melalui Pakaian Daerah  * akan membuat generasi muda akan semakin mencintai budayanya sendiri .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 + 12 =