Sosialisasi PMB STIFAR di SMK Yayasan Pharmasi

Telah dilaksanakan sosialisasi jenjang lanjutan SMK bagi siswa-siswi SMK Yayasan Pharmasi yang disampaikan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) pada hari rabu, 10 November 2021 pukul 12.00-13.00.
Kegiatan ini merupakan sesi ke-2 yang diikuti oleh siswa kelas XII jurusan Farmasi, Kimia Industri, serta Pemasaran yang PTM pada hari tersebut. Kegiatan dibuka oleh apt. F.X Sulistiyanto W.S.,S.Si.,M.Si (selaku Ketua PMB Tahun Ajaran 2022/2023) yang menjelaskan tentang perbedaan antra S1 dan D3. bahwa prodi S1 Farmasi masih dapat melanjutkan profesi apoteker sedangkan D3 dapat langsung bekerja.
Diinfokan juga oleh Pak Joshua (selaku bidang promosi) mengenai program study yang ada di STIFAR meliputi D3 ANALISIS FARMASI & MAKANAN, D3 FARMASI EKSTENSI, D3 FARMASI REGULER, dan S1 FARMASI. Seerta peluang kerja dalri masing-masing jurusan.

Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Dr.Etty Sulistyowati,S.T.,M.Sc ( Kaprodi D3 Analisis Farmasi dan Makanan) menjelaskan lebih lanjut tentang jenjang karir dan sebaran alumni dari anafarma. Ada yang bekerja sebagai ASN di berbagai Departemen seperti Departemen Kesehatan, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Perindustrian, Badan POM , Direktorat Bea Cukai, Kepolisian Republik Indonesia (Laboratorium Forensik) dll. Quality Control (Q&C) atau Research and Development (R&D) di berbagai Industri Besar Obat, Obat Asli Indonesia, Kosmetika dan Industri Makanan Minuman, Instruktur Laboratorium di berbagai Departemen atau Institusi Pendidikan, Wirausaha, serta dapat melanjutkan ke S1 Farmasi maupun bidang lainnya.
Mengapa STIFAR perlu dipertimbangkan sebagai jenjang lanjutan? karena STIFAR merupakan Instansi bermutu yang sangat lengkap Instrumen Laboratoriumnya, teridiri dari Binocular Microscope, Fourier Transform Infrared Spectroscopy, Double Beam Spectroscopy, Dissolution Tester, High performance Liquid Chromatography, serta Microlab.

Mengenai biaya kuliah dijelaskan oleh Septian Adhi Putranto, S.Th (selaku bidang promosi) bahwa bagi Siswa SMK Yayasan Pharmasi akan mendapatkan biaya khusus sesuai gelombangnya karena bernaung dalam yayasan yang sama dengan STIFAR. Ternyata di STIFAR pun terdapat beasiswa yang berasal dari : Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Yayasan Pharmasi Semarang, Institusi lain yang tidak mengikat, Beasiswa dari Yayasan berupa potongan UPP/Semesteran dan diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi atau ranking I, II, III di setiap semesternya.
Adapun cara pendaftaran dapat dilakukan secara online dan offline. Pendaftaran online dengan mengkases pmb.stifar.ac.id. Terdapat rincian biaya masing-masing prodi pada situs tersebut.


Kegiatan presentasi ditutup dengan pembagian souvenir, yang diserahkan kepada perwakilan siswa tiap kelas.
Siswa sangat bersemangat mendaptkan souvenir dan informasi PMB STIFAR ini.

Semarang,11.11.2021
Ika Purwati, S.Si

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + twelve =