TIPS SEHAT DAN BUGAR SELAMA PANDEMI

Oleh : Apt. Th. Hetty Nurwidayati, S.Si

Selama masa pandemi  ada banyak hal yang harus kita lakukan sebagai usaha supaya terhindar dari paparan virus dan kita bisa tetap sehat dan bugar. Penerapan pola hidup bersih dan sehat menjadi salah satu usaha yang sangat penting. Selain itu anjuran untuk cuci tangan sesering mungkin dengan air dan sabun perlu kita lakukan. Apabila kita sedang di suatu tempat atau sedang ada kegiatan yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan maka sangat disarankan untuk bisa menggunakan hand sanitizer. Pembatasan jarak dan tidak melakukan aktifitas di luar rumah jika tidak benar-benar mendesak juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Selain dari kebiasaan-kebiasaan di atas, hal yang perlu kita lakukan di rumah antara lain:

1.Konsumsi makanan sehat :

Mengatur menu sehingga tubuh mendapatkan gizi yang seimbang, lengkap dan sesuai untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Konsumsi Vitamin :

Mengkonsumsi vitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang belum tercukupi dari makanan yang kita makan sehari-hari

3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar :

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat dilakukan antara lain dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktifitas, sebelum dan setelah makan dan jika tangan kotor. Membiasakan etika batuk atau bersin yang benar, dan tidak membuang tisu atau sampah di sembarang tempat. Membersihkan tempat kerja atau barang-barang dari debu dan kotoran yang menempel.

4. Istirahat cukup :

Membiasakan dengan waktu tidur yang cukup dan teratur, tidak begadang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh

5. Minum air putih cukup :

Mengkonsumsi air putih cukup dan teratur dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi, melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui air seni dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal, menjaga kesehatan pencernaan, memelihara kesehatan kulit dan tentunya masih banyak manfaat kecukupan air putih untuk tubuh kita.

Semoga bermanfaat, tetap menjaga protokol kesehatan dan SALAM SEHAT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − twelve =