WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI EVALUASI PEMBELAJARAN

Nara Sumber, Arif Ediyanto, M. Pd. sedang memberikan pemaparan materi pada peserta workshop di lab. Komputer SMK Yayasan Pharmasi. (foto dok SMK Yayasan Pharmasi)

SMK Yayasan Pharmasi menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran dengan mengundang seorang nara sumber. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama sehari, Kamis, 28 Juli 2022 di SMK Yayasan Pharmasi. Kepala sekolah, Rahayu Wahananingtyas, S. Pd., M. Pd. mengatakan bahwa kegiatan Workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru SMK Yayasan Pharmasi dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.

“Dengan kegiatan workshop ini, diharapkan para guru SMK Yayasan Pharmasi dapat melakukan evaluasi pembelajaran dengan lebih berkualitas, meningkatkat kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan tanggap terhadap lingkungan” kata Rahayu dalam sambutannya.

Workshop ini memberikan kesempatan pada para Bapak/Ibu guru untuk menyampaikan kesulitan – kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran terutama dalam membuat soal HOTS (High Order Thinking Skill)  sehingga dapat meningkatkan kemampuan para siswa di setiap mata pelajaran.

Kegiatan Workshop ini mengundang seorang nara sumber yang sangat kompeten di bidangnya, Arif Ediyanto, M. Pd. Selama workshop, para guru diberi penjelasan tentang cara pembuatan soal HOTS serta contoh – contoh soal.. Peserta workshop juga mendapatkan tambahan pengetahuan tentang soal – soal ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) yang  sangat berguna dalam mempersiapkan para siswa yang akan menghadapi ANBK.

“Soal ANBK memiliki level yang lebih baik lagi dibanding soal HOTS karena dapat mengasah daya nalar dan kritis para siswa tentang lingkungan di sekitarnya. Soal – soal semacam ini sudah dipakai oleh berbagai negara maju dalam memberikan evaluasi pembelajaran bagi para siswanya, semoga nantinya siswa SMK Yayasan Pharmasi akan semakin berkualitas lagi,” ujar Arif di SMK Yayasan Pharmasi.

Kegiatan Workshop  diikuti oleh 60 guru dari berbagai mata pelajaran dan di akhir pelatihan, para peserta diberikan tugas untuk membuat soal HOTS sebagai bentuk dari hasil pelatihan yang telah diikuti.”Saya sangat senang mendapatkan ilmu tentang soal HOTS dan soal ANBK, akan saya terapkan untuk evaluasi pembelajaran “, ujar Ika Purwati, salah satu guru peserta workshop.

Ditulis oleh Eko Susanto, S.Pd

#smkfarmasi#

#smkfavorit#

#smkberprestasi#

#smkterbaik#

One thought on “WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI EVALUASI PEMBELAJARAN”

  1. Pelatihan yang sangat bagus dan bermanfaat bagi guru jaman sekarang. Pembicaranya juga mantap sarat dengan prestasi. Luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + 8 =